Kamis, 01 Maret 2012

Cara mengkompres anak anak yang panas dengan efektif

     Anak anak, sangatlah sering panas...batuk, pilek, kecapekan..biasanya akan membuat mereka panas dan demam. Bagi orang yang awam, dapatlah dijelaskan bahwa panas biasanya adalah reaksi tubuh terhadap infeksi yang ada di dalam tubuhnya.

     Bagi anak laki laki, daya tahan mereka terhadap panas biasanya lebih rendah daripada anak perempuan. Anak laki laki sering kejang atau terbelalak matanya karena suhu tubuh  yang tinggi.sehingga penanganan buat mereka terhadap panasnya harus lebih daripada terhadap anak perempuan. Berikut adalah cara yang bisa di coba dan jelas tidak mempunyai efek yang merugikan  :

- Beri mereka obat panas dengan dosis yang sesuai (ikuti saran dokter atau lihat pada keterangan pada brosur         obat)
- Kompres dahinya dengan cara membasahi handuk kecil dengan air es.
- Usahakan agar tidak membasahi rambut supaya tidak tambah masuk angin.
- Perhatikan agar kompresan tetap dingin..sering seringlah celup lagi dengan air es begitu kain kompresan mulai terasa tidak dingin lagi.
- Setelah dahi anak mulai terasa dingin/ menurun panasnya maka beralihlah untuk mengkompres bagian belakang telinganya. Kedua dua bagian telinganya ( bukan daun telinga lo ya..daerah tak berambut di belakang telinga) secara bergantian.
- Yang terakhir adalah kompres tengkuknya.
- Kompreslah keempat bagian (dahi, 2 belakang telinga, dan tengkuk) secara bergantian.
- Kalau suhu di keempat bagian tersebut dirasakan sudah mendingin, tunggulah beberapa saat tanpa di kompres...kalau naik lagi ulangi cara tersebut,..kalau tidak naik lagi suhunya walaupun misalnya tangan dan kakinya masih terasa panas..anda sudah boleh tidur.
- Tapi jangan terlalu nyenyak ya...sering seringlah bangun dan ngecek keadaan si kecil.
- Semoga bermanfaat !!!

2 komentar:

  1. gw stuju bnget.. mmng bner, gw sbg remaja laki-laki mseh sring Sakit Demam... pada saat Demam gw selalu dikompres dgn air es..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi..anonim...walau jujur gw malu kalo lo ngebaca tulisanku yang ini tapi tetap saja terima kasih...semua tulisanku ini masih dalam bentuk pencarian..apa yang kira kira menarik buat kutulis tapi dapat di baca oleh pemirsa...masih mending, kapan hari sudah sempat mau nbgeposting resep makanan..ha2..biar lah.

      Hapus